Mengenal istilah Vivid Dream berikut Cara Mengatasinya

 

orami.com

Mengenal Istilah Vivid Dream 

 Vivid dream merupakan suatu kondisi seseorang terbangun dari tidur, namun tanpa bisa mengingat mimpinya tersebut. Tetapi Ketika akan dipanggil Kembali mimpi itu seperti terasa nyata. Seolah dapat merasakan kesakitan dan perasaan.

Dalam jurnal yang berjudul Realistic Dreams, Dissociation, And Fantasy Proneness, kesulitan dalam membedakan realita dan imajinasi ketika bermimpi dapat disebabkan karena seseorang mengalami tekanan dan kecemasan dalam kesehariannya.

Apa sahabat pernah merasakannya ?

Tidur adalah alternatif untuk merelaksasi tubuh, jika aktivitas otak tidak terlalu sibuk selama tidur. Terkadang mimpi susah diingat. Di lain waktu mimpi itu tiba-tiba saja terpikirkan tanpa kita berusaha keras memikirkannya.

Menurut sumber, Ilmuwan Otak meyakini. Mengapa manusia bisa bermimpi, tetapi mereka beropini bahwa semua berhubungan dengan memori akal. Bermimpi ibarat meregenerasi pikiran, informasi yang tidak berfungsi efektif sebelum tidur lalu memproses informasi yang berguna dan menyimpannya. Itulah sebabnya orang merasa bugar sesaat setelah kembali dari tidurnya.

Sebagan orang mampu mengingat mimpi terakhir yang mereka alami dalam alur mimi mereka. Mimpi yang sering teradi pada masa REM rapid eye movement yakni sekitar 90 menit dan berdurasi dari 20 hingga 25 menir.

 

Ciri Penyebab Vivid Dream

1.      Stres

Menurut pakar psikologi, saat stress memuncak maka kita juga akan dihadapkan pada vivid dream. Neurotransmitter dan zat kimia. Sepanjang waktu akan mengganggu rasa nyaman di tidur kita lalu menyebabkan munculnya gejala tersebut, “kata Bancroft”


2. Masalah Tidur

Seseorang yang sedang menglami insomnia, narkolepsi, dan jadwal tidur yang kurang teratur menyebabkan berbagai kemungkinan tanda munculnya vivid dream. Jadi segerakan tidur jika memang tidak ada kegiatan penting lainnya dan bisa digunakan untuk menyimpan energi di esok hari.

3.  Efek Obat Tertentu

Ketagihan obat tertentu merupakan tanda yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Mereka dikabarkan sering mengalami mimpi buruk jika berada di bawah pengaruh obat-obatan tersebut. Sebut saja obat penenang Parkinson, obat supaya penggunanya berhenti merokok, serta obat anti narkoba.

4. Kehamilan Di Awal Waktu Triwulan pertama

Bukan berarti hanya karena seseorang sedang hamil muda, tidak bisa terkena vivid dream. Siklus hormon pola tidur bisa berubah, yang juga melibatkan tingkat emosi. Memungkinkan pula terjadi di awal kehamilan. Sebab vivid dream mempengaruhi kualitas tidur. Kualitas tidur terbaik tentu tidak mengalami mimpi aneh. Tidur menjadi lebih dalam dan rileks.

 

Cara mengatasi gejala Vivid Dream

Di sini ada beberapa tips bagaimana supaya kejadian terdebut dapat dihindari. Semoga tidur kita bisa nyaman tanpa gangguan makhluk halus, serta tekanan batin lainnya.

·                     Buat daftar harian secara kontinu

Berdamai dengan otak menjadi salah satu solusi mengatas gejala vivid dream. Terlalu sering memainkan game trut berdampak pada kinerja otak yang terus dipaksa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

·                     Hindari obsesi berlebihan terhadap sesuatu. Kita senantiasa meminta petunjuk pada Tuhan agar dijauhkan dari hal buruk.

·                     Perhatikan posisi tidur. Sebaiknya dalam posisi miring ke kanan, atau dalam istilah islam disarankan menghadap kiblat. Agar tidak mengganggu posisi badan kita sehingga posisi lambung dan kantung udara terjaga.

Psikolog terkemuka Joshua Tal berkata, selain stres ada beberapa penyebab lain mengapa seseorang mengalami mimpi yang “nyata” dibanding biasanya. “Insomnia dan gangguan pada jadwal tidur dapat menyebabkan terbatasnya tidur REM (tidur dengan gerak mata cepat) yaitu fase ketika biasanya kita bermimpi,” kata Tal.

·           Mencuci kaki, tangan, dan muka sebelum tidur,

·           Berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan

·           Matikan benda elektronik, karena akan sangat mengganggu bahkan suarapun bisa terdengan Ketika kita sudah terridur. Telinga akan aktif bekerja sehingga memaksa otak beraktivitas lebih keras lagi.

·           Usahakan untuk tertidur dan bangun pada waktu yang dianjurkan

·           Berolahraga secara teratur minimal 30-60 menit setiap hari, namun jangan dilakukan sebelum tidur.

·           Hindari mengonsumsi kafein, obat penenang, alkohol sebelum tidur

·           Merilaksasi diri sebelum tidur agar tidak ada beban yang terbawa Ketika tertidur

·           Posisikan tidur dengan cahaya yang terlalu terang, suara bising, dan usahakan suhu ruangan yang terjaga dengan nyaman.

·           Jangan berbaring di tempat tidur dalam keadaan tersadar. Lakukan aktvitas produktif hingga menjadi Lelah kemudian pas waktunya untuk tidur.

 

 

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/waspada-vivid-dream-rentan-terjadi-selama-pandemi-corona

www.merahputih.com

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/14/171900420/pemicu-hadirnya-vivid-dream-mimpi-yang-terasa-nyata?page=all

https://www.popmama.com/life/health/sittah-husnul-khotimah/mengenal-vivid-dream-dan-hal-yang-menyebabkannya/6

https://www.orami.co.id/magazine/vivid-dream/

www.Instagram.com

 

 

 

 

1 komentar untuk "Mengenal istilah Vivid Dream berikut Cara Mengatasinya"