10 Jenis Makanan untuk Ketahanan Imun

 

Makanan Penguat Imun Tubuh

    Di saat pandemi sedang berkembang pesat. kita dituntut untuk selalu aktif dan prima. setidaknya inilah beberapa makanan pendongkrak stamina agar kita senantiasa sehat, baik yang sudah terpapar maupun yang belum. 

bolastylo


 

1)         Kelor

Kelor merupakan jenis sayuran yang mudah didapat di indonesia. Di kampung juga banyak. Tinggal mau apa tidak. Kadar radikal bebas yang tinggi menyebabkan stress, serta oksidatif terkait beberapa penyakit kronis, serangan jantung, dan diabetes.

Senyawa yang terdapat dalam kelor adalah vitamin c, betakaroten, quercetin, dan asam klorogenat kelor juga mempunyai sifat antibakteri yang berguna memerangi bakteri seperti salmonella, rhizpous, dan coli.

 

2)         Sup Ayam

Sup ayam merupakan makanan lezat yang mudah dibuat. Tidak perlu keluar rumah. Bahan yg sudah tersedia tinggal dibikin saja. Cari tutorial atau bertanya pada orang terdekat di rumah. Uap panas sup mampu meredakan gejala seperti flu atau demam. Sup digolongkan sebagai menu favorit. Nutrisi dalam sup sangat lengkap mulai dari kalori, kalsium, sayuran, protein hewani mineral, lemak  yang sangat berguna bagi sistem imun.

Dr. Stephen rennard dari university of nebraska medical center di omaha dapat menyembuhkan sakit flu. Yakni sup mampu menghambat pergerakan neutrofil, yaitu sejenis sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Sel tersebut meningkatkan kinerja sel darah putih agar mampu melawan bakteri jahat yang bisa menyebabkan flu

Makan makanan seperti sup juga mampu menambah asupan energi tubuh harian.  Hal ini sangat vital. Cairan kuah dalam sup diyakini kaya akan kandugan air serta nutrisi tinggi untuk menghidrasi tubuh. Sehingga membantu mempercepat pemulihan saat demam sekaligus sebagai penyegar di kala suhu ekstrem.

 

3)         Semangka

Buah semangka mengandung likopen yang berguna bagi jantung. Seta mencegah kanker. Mengandung fosfor , magnesium, zat besi, selenium, folat, Vitamin b6,c, e dan k. Fakta lain semangka dapat menjaga kebugaran, membantu menurunkan tekanan darah. Semangka aman bagi penderita diabetes asal sesuai porsi. selain sangat cocok untuk berdiet.

 

4)         Bayam

Menurut healthline, monogalactosylglycerol dan sulfoquinoyoayl diacylglycerol yang memerangi sel kanker.

Tidak hanya itu, senyawa tersebut juga diketahui dapat mengurangi ukuran tumor. Selain itu, sayuran hijau ini terdapat magnesium. Fungsi magnesium dapa menjadi alternatif darurat untuk penderita asma.

 

5)         Brokoli

Brokoli tidak seharusnya dilupakan. Sayuran jenis ini mengandung banyak vitamin dan mineral, di antaranya vitamin c, e, juga terdapat serat, hingga zat antioksidan lainnya. Jika mengonsumsi kanakan sayuran olahan brokoli berguna menunjang sistem imun.

 

6)         Bawang

Bawang putih berpotensi mencegah resiko penyakit jantung. Bawang ini selalu popular dan berada di urutan teratas dalam urusan kuliner. Tidak sedap tanpa menyebut nama bawang. Bawang sering menjadi obat herbal, karena dipercaya menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan jantung (risiko aterosklerosis)

 

Ekstrak bawang putih yang dikeringkan mampu mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah plak baru di arteri.

 

7)         Minyak zaitun

Dilansir dari medical news today, maria-isabel covas, periset di parc de recerca biomèdica de barcelona, spanyol, melakukan kajian ekstensif terhadap studi yang berfokus pada efek biologis dan klinis dari minyak buah zaitun.

Penelitian dari spanyol covas mengumumkan bahwa orang-orang yang rajin mengonsumsi zaitun terhindar dari resiko kardiovaskuler, seperti hipertensi, stroke dan hiperlipidemia. Pola makan sehari-hari perlu diperhatikan dengan menambahkan zaitun ke dalam makanan yang berguna sebab meningkatkan antioksidan tubuh

Antiokisdan berperan dalam mereparasi sel yang usang akibat radikal bebas dan menghambat laju pertumbuhan sel kanker.

8)         Kurma

Kandungan mineral yang sangat tinggi bermanfaat bagi penderita anemia sekaligus menjadi obat yang mujarab mengatasi anemia. Menyeimbangkan zat besi

Kadar zat besi dapat menyeimbangkan energi dan kekuatan pada tubuh selepas aktivitas yang melelahkan seperti Lelah dan lesu. Zat yang terdapat pada kurma yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa sebagai tambahan nutrisi yang ideal.

Kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke. Kadar potassium yang ada pada kurma kaya manfaat memerangi stroke. Mengurangi kadar kolesterol. Bahaya kolesterol tidak jarang akan menjalar ke bagian tubuh lainnya, sehingga memilih kurma sebagai obat adalah suatu pilihan tepat agar kesehatan selalu terjaga (stamina lebih)

Hal yang unik seperti air rendaman kurma terbukti mengandung banyak khasiat terutama bagi pengidap Jantung, jantung lemah,  disarankan untuk sering dilakukan agar jantung yang lemah menyebabkan mudah lelah kembali berenergi.

 

9)         Pepaya

Rutin mengonsumsi delima dapat menurunkan risiko terjangkit asma. Di dalam buah papaya terkandung beta karoten. Serat zat bernutrisi lainya. Asupan tinggi serat dapat menyeimbangkan imun, menurunkan gula darah penderita diabetes. Sementara Likopen yang terkandung di pepaya mengurangi resiko kanker. Antioksidan berperan dalam menghentikan perkembangan sel kanker.

 

10)       Delima

Manfaat buah delima :

Terdapat sekitar 40% vitamin C, melindungi tubuh dari infeksi seperti infeksi di mulut (gingivitis, periodontitis, denture stomatitis), melindungi tubuh dari Dialisis atau penyakit ginjal serta kardiovaskular, mencegah infeksi, anti bakteri dan virus.

Ya delima dapat mencegah penyakit serta anti bakteri dan virus yang telah teruji di laboratorium. Disebutkan juga bahwa zat dalam buah delima termasuk yang mengandung anti jamur. Kandungan antioksidan di atas rata-rata, sebagai zat pembunuh kanker, dan kegunaan lainnya sebagai buah yang dapat mencegah stres oksidatif.

 

 

Sumber :

https://pergikuliner.com/blog/dapatkan-7-manfaat-menyantap-sup-bagi-kesehatan-tubuh

https://www.instagram.com/p/crqxue8ro-w/

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/reza-iqbal/fakta-unik-semangka

https://health.kompas.com/read/2020/07/24/073500368/10-manfaat-konsumsi-bayam-untuk-tubuh?page=all

https://www.alodokter.com/manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan

https://pergikuliner.com/blog/dapatkan-7-manfaat-menyantap-sup-bagi-kesehatan-tubuh

 

Posting Komentar untuk "10 Jenis Makanan untuk Ketahanan Imun"