Ragam jenis air bagi kesehatan tubuh

google



Jenis-jenis air yang dapat dikonsumsi secara aman


1. Air Alkali

Merupakan Ph tinggi yang banyak mengandung manfaat dengan syarat tidak berlebihan mengonsumsinya. Air ini diyakini sedang menjadi model di Indonesia karena sangat baik bagi tubuh. Memiliki manfaat besar yakni menurunkan asam yang terdapat pada saluran cerna yang menyebabkan penyakit, maag dan sejenisnya, serta mampu mengurangi risiko terkena kanker. Terlalu banyak mengonsumsi air jenis ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saluran pencernaan. Mengacaukan kinerja bakteri baik yang ada di perut. Sehingga perannya tidak lagi maksimal.


2. Air Keran

Diperlukan suhu yang panas agar kuman mati seperti dimasak hingga mendidih kemudian siap dikonsumsi. Ada standar tertentu agar air ini bisa dimanfaatkan masyarakat umum. Zaman sekarang air sudah bisa diminum dari keran yaitu diolah terlebih dahulu.


3. Air Mineral

Air yang berasal dari mata air dengan kandungan mineral alami tinggi, paling mudah ditemukan dan biasa untuk keperluan minum sehari-hari. Air ini tidak mengandung rasa. Hanya air ini lebih tahan lama dibandingkan jenis air konsumsi lainnya.


4. Air Gletser

Air yang biasanya digunakan untuk mandi, sebab terkandung beberapa manfaat di dalamnya. Cocok untuk penderita penyakit kulit, dan sebagai terapi.

Karena sifatnya, ada sebagian perusahaan yang memproduksi air minum dari air jenis ini.

5. Air Suling

Air yang dimurnikan Air yang dimurnikan sama dengan air suling. Zat penting bagi tubuh akan terbawa dengan hilangnya bakteri. Air dipanaskan diembunkan agar kototan bisa terangkat sempurna.


Bahkan ada pula masyarakat yang menyebutnya sebagai air terfilter. Caranya dengan menggunakan alat khusus. Lalu air akan keluar melalui saluran dar alat filter tadi. Dan bisa langsung diminum secara aman di rumah, tersedia juga versi portable yang mudah dibawa. Saat ini sudah banyak tersedia di toko elektronik.


6. Air Sumur

Air sumur bukanlah sepenuhnya aman 100%, tetap masih perlu diteliti lagi kandungannya. Seperti Ph dan kandungan senyawa berbahaya di dalamnya.

Bakteri giardia, dan parasit lain sudah mengintai tubuh kit jika kita sembarangan meminumnya. Terlebih tanpa dimasak sempurna.

Minum secara teratur dan bersih adalah kunci menjaga Kesehatan badan. Agar tidak terjebak pada stigma dehidrasi. Orang tua sering mengingatkan kalau langsung meminumnya akan berakibat kencing batu. Menumpuknya bakteri jahat di dalam perut.


7. Sparkling Water,

Air yang diberi perasa hingga menyerupai minuman soda. Bisa ditambahkan karbondioksida agar tampilannya putih bening.

Rasa aroma yang khas memiliki gelembung lalu menimbulkan efek tertentu saat dikonsumsi. Air ini dipercaya mampu mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit.

Di manapun kita, air yang paling aman ya air yang tidak berwarna alias alami tanpa campuran bahan apapun. Terutama bagi yang alergi dengan zat tertentu, menyebabkan iritasi dan gangguan di tubuh. Yang terpenting sumber air itu berasal harus benar.

Sayangnya, ada zat kimia yang tidak begitu saja hilang. Tugas kita ya mengecek dari mana air berasal. Jika masih ragu, sebaiknya jangan diminum.


8. Air Rasa atau infus

Air ini adalah air yang dimaniskan dengan gula atau pemanis buatan, dan mengandung perasa alami dan buatan.

Air infus seperti Hint dan Propel, menawarkan banyak rasa yang enak untuk air putih, sehingga membuat lebih mudah untuk minum dengan porsi yang lebih besar (google)

Banyak rasa yang tersedia untuk menambah variasi air Anda. Rasa dapat ditambahkan secara alami dengan memasukkan buah dan sayuran ke dalam botol air. Rasa alami tidak menimbulkan risiko. Perlu dicermati, ada sebagian buah yang memang tidak dianjurkan karena mengandung gula tinggi. Air jenis ini yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan berisiko pada penderita diabetes.




Sumber :

Kata.universe

Https://lifestyle.okezone.com/read/2019/02/18/481/2019682/9-jenis-air-yang-bisa-anda-minum-untuk-kesehatan

Https://doktersehat.com/jenis-air-minum/

Https://www.sehataqua.co.id/ciri-ciri-air-yang-aman-dikonsumsi/


6 komentar untuk "Ragam jenis air bagi kesehatan tubuh"